Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan sosial, perubahan sosial, dan sebab dan akibat dari perilaku manusia terhadap lingkungan sosial. Sosiologi menyelidiki struktur kelompok sosial, organisasi, dan masyarakat, dan cara-cara interaksi dalam masyarakat.

Karena semua perilaku manusia adalah sosial, subjek sosiologi berkisar dari keluarga intim ke massa yang bermusuhan; dari kejahatan terorganisir hingga aliran sesat; dari divisi ras, jenis kelamin dan kelas sosial ke keyakinan bersama dari budaya yang sama; dan dari sosiologi kerja ke sosiologi olahraga. Bahkan, beberapa bidang memiliki cakupan dan relevansi yang luas untuk penelitian, teori, dan penerapan pengetahuan.

Sosiologi memberikan banyak perspektif berbeda tentang dunia, menghasilkan ide-ide baru dan mengkritik yang lama. Bidang ini juga menawarkan berbagai teknik penelitian yang dapat diterapkan pada hampir semua aspek kehidupan sosial: kejahatan jalanan dan kenakalan, perampingan perusahaan, bagaimana orang mengekspresikan emosi, reformasi kesejahteraan atau pendidikan, bagaimana keluarga berbeda dan berkembang, atau masalah perdamaian dan perang.

Karena sosiologi membahas masalah yang paling menantang di zaman kita, ini adalah bidang yang berkembang pesat yang potensinya semakin disadap oleh mereka yang membuat kebijakan dan membuat program. Sosiolog memahami ketidaksetaraan sosial, pola perilaku, kekuatan untuk perubahan dan perlawanan sosial, dan bagaimana sistem sosial bekerja. Seperti yang disampaikan halaman-halaman berikut, sosiologi adalah disiplin yang menarik dengan peluang yang semakin luas untuk berbagai jalur karier.