spot_img

Peran Tokoh Indonesia dalam Proklamasi Kemerdekaan tahun 1945

Peran Ir Soekarno dalam Kemerdekaan Indonesia

Sukarno merupakan anggota BPUPKI dan PPKI. Peran ini sangat penting dalam perkembangan kemerdekaan Indonesia karena dalam badan dan panitia inilah persiapan kemerdekaan berhasil disusun dan dimatangkan. Pidato 1 Juni 1945 mengenai usulan Dasar Negara (Pancasila) yang diberikan Soekarno di hadapan PPKI juga menjadi cikal bakal terciptanya ide-ide tentang Pancasila sebagai idealisme negara.

Soekarno juga merupakan ketua Panitia 9 yang merumuskan Piagam Jakarta yang melakukan rapat pada 22 Juni 1945. Rapat panitia kecil inilah yang menghasilkan rumusan Undang-undang Dasar dan Dasar negara yang tertuang dalam Piagam Jakarta. Selain itu Soekarno juga merupakan ketua PPKI yang mempersiapkan kemerdekaan sesuai janji Jepang. Peran besar PPKI bisa dilihat pada sidang I,II dan III pada 18-22 Agustus 1945 yakni dengan adanya pembentukan alat kelengkapan negara seperti Pengesahan UUD 1945, pembentukan PNI, BKR, KNIP, pembagian wilayah adminsitratif, pembagian lembaga/departemen beserta kementerian, dan pemilihan Presiden dan wakil Presiden.

Soekarno juga merupakan sosok penyusun naskah teks proklamasi. Soekarno menulis teks proklamasi dengan tulisan tangan kemudian menandatangani teks proklamasi bersama Mohammad Hatta atas nama bangsa Indonesia. Soekarno juga membacakan teks proklamasi yang dilaksanakan di Pegangsaan Timur pada 17 Agustus 1945. Karena peran-peran penting tersebutlah kemudian Soekarno dipercaya menjadi Presiden pertama Republik Indonesia lewat rapat PPKI I

Peran Moh Hatta dalam Kemerdekaan Indonesia

Mohammad Hatta merupakan anggota BPUPK juga anggota Panitia 9. BPUPKI dan Panitia sembilan sendiri memiliki peran penting dalam kemerdekaan Indonesia. Moh Hatta juga menjadi wakil Ketua PPKI, yang dalam penyusunan alat kelengkapan negara memiliki peranan yang sangat penting. Moh Hatta juga merupakan penyusun teks proklamasi bersama Soekarno dan Achmad Soebarjo.

Moh Hatta adalah yang memberi ide kalimat pada teks proklamasi, hal-hal tentang pemindahan kekuasaan dan lain-lain dilaksanakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Moh Hatta juga menjadi penandatangan teks proklamasi bersama Sukarno atas nama bangsa Indonesia. Dan pada rapat PPKI I Moh Hatta mendampingi Soekarno sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,367FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles